Tulisan Pertamaku, I am a Introvert

Bismillah
Sebenarnya aku bingung mau nulis apa, ini kali pertama aku menulis ditahun 2018 ini di blog ini. Dan mungkin aku akan membahas sedikit tentang introvert. Sehubungan aku orangnya introvert let's cuss
Sebelum membahas lebih jauh lagi, sebenarnya apa sih introvert itu? menurut KBBI Introver adalah orang yang suka memendam rasa atau pikiran dan tidak mengutarakannya ke orang lain; bersifat tertutup.

Loh, berarti orang yang pendiam pasti introvert? Jawabannya, tidak semua orang yang pendiam itu introvert. Mungkin dia memang introvert, mungkin juga dia lelah pingin diam atau mungkin dia lelah XD xixixi

Lebih tepatnya dulu aku pernah nyoba tes MBTI, jujur aja menurut aku sih membantu banget soalnya dulu aku gak tau dan belum mengenali diriku sendiri jadi suka bingug sama diri sendiri kadang menyalahkan diri sendiri. Dan setelah tes MBTI jreng-jreng ternyata aku INFJ (Introvert-Intuisi-Feeling-Judging) The protector.

Kalau penasaran coba tes di https://mbti.anthonykusuma.com/

Nah awalnya aku dari tes psikologi di SMA tapi akhirnya aku tau beberapa hal tentang diriku.
Orang dengan kepribadian INFJ cenderung menunjukkan karakteristik:

Idealistis
Peka terhadap kebutuhan orang lain
Sangat kreatif dan artistik
Pendiam
Berfokus pada masa depan
Pribadi
Nilai-nilai dekat, hubungan yang mendalam

Menikmati pemikiran tentang makna hidup
INFJ didorong oleh nilai-nilai mereka yang kuat dan mencari makna di semua bidang kehidupan mereka termasuk hubungan dan pekerjaan. Orang dengan tipe kepribadian seperti ini sering digambarkan sebagai orang yang dalam dan kompleks.

Semakin  tau, terkadang kita jadi tau kekurangan dan kelebihan kita sehingga tau dimana letak-letak yang harus di perbaiki. Pesan buat kalian yang mungkin barangkali berkepribadian sama kaya ane. Lebih percaya diri dengan diri sendiri, mungkin kadang ngerasa malu padahal kalian berpotensi. Lebih banyak diam padahal kalian tau. Kadang direndahkan padahal kalian sebenarnya juga tau yang sebenarnya. Lebih sering mengalah. Dan kadang dikira sombong karena terlalu diam. Tapi, cobaah lebih dekat melihat, beranikan diri dan cari pengalaman. Walau emosi meluap-luap latihlah kendalikan emosi dengan tersenyum dan bertindak dengan tenang. Aku tau kalian yang membaca ini lebih dari yang aku pikirkan dan jauh lebih tangguh.

Semoga hari-hari kalian menyenangkan :D


Komentar