Kemarin ada kuliah tamu, tentang kejiwaan

Ceritanya,  kemarin tanggal 10 Juli 2018 kampusku universitas muhammadiyah surabaya ada kuliah tamu.  Aku duduk naik semester 3 dan ini liburan panjang dan aku sempetin ikut kuliah tamu ini.  Kalau gak salah ini kali ke 2 buat aku kuliah tamu dikampusku. Tapi,  ada hal lain yang berbeda dari kuliah tamu kali ini yang bikin aku excited buat ngikutin... Yaa, kali ini kuliah tamunya ada hubungannya sama kedokteran jiwa. Tema yang sibawakan tentang analytical psychology of CG jung and psychotherapy juga bahas tentang psychosocial rehabilitation of people with schizophrenia. Nahh, Di isi oleh prof. dr. Gyehee Kim. MD beliau keren banget maasya Allah.  Beliau adalah president of yong in mental hospital. Walau Yong in mental ini bukan rumah sakit milik pemerintah,  tapi cukup besar dengan lebih dari 900 kamar.  Bayangkan besar banget.  Dan termasuk rumah sakit terlama juga disana.  Aku pikir pasti management dari rumah sakit itu keren banget.  Dengan mengelola rumah sakit sebesar itu. Tapi yang ikut quest lecture ini gak cuman anak-anak fk doang ada anak psicology dan anak-anak dari ilmu kesehatan. Selain itu ada juga dosen-dosen.

intinya disini kita belajar banyak bersama. Inti dari pelajar yang beliau ajarkan.  Pendekatan psychology itu lewat why? And apa tujuannya?  Kenapa penyakit itu bisa menyerang.  Dan menurut teori CG jung ada namanya teori libido.  Tentang alam bawah sadar juga. Selain itu diceritakan tentang mimpi-mimpi bisa ada hubungan dengan gangguan jiwa dan tentang penyakit scizofrenia dan masih banyak hal lainnya.

Sangat seru. Selain itu,  mc,  moderator dan translatornya keren banget.. enak gitu yang ngomong jadi enak banget di dengernya. Semoga apa yang disampaikan kemarin bisa bermanfaat banyak bagi kita yang hadir disana dan kelak buat masyarakat.
Thank you for Prof. dr.  Gyehee Kim. MD telah datang jauh-jauh dari korea untuk memberikan ilmunya kepada kita kemarin

Komentar